Sabtu, 30 November 2013

Solo Poenya Gawe

Haiii,,,

Kalian semua tahu kota SOLO kan yaa?! Yaaappp,, salah satu kota di Jawa Tengah. Solo bisa di bilang kota yang penuh dengan acara/ event yang sangat menarik untuk di saksikan bagi kalian yang suka liburan sekaligus menambah wawasan.

Di postingan ini, aku ingin memberitahu kalian tentang kalender acara tahun 2014. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke kota Solo tercinta ini, silahkan di rencana dengan baik. Acara apa yang ingin kalian lihat...
Oke,, aku ga akan banyak bicara lagi.
Selamat memilih

1. Ketoprak Festival 2014
Acara ini mempertunjukkan parade pementasan kesenian ketoprak yang masih ada di kota Solo ini. Mulai 14 - 15 Februari 2014, acara ini akan di gelar di gedung kesenian, Taman Balaikambang, Solo.  Berbeda tahun lalu, festival ketoprak ini hanya di adakan selama dua hari saja.

2. Gunungan Charity Boat Race 2014
Tanggal 24 Februari 2014 nanti akan diadakan lomba perahu di Sungai Bengawan Solo. Acara ini di selenggarakan untuk mempromosikan lingkungan hidup, akan kita lebih peduli terhadap alam yang ada di sekeliling kita. Selain itu, acara ini diselenggaran juga untuk penggalian potensi wisata air di Sungai Bengawan Solo ini.

3. Bengawan Solo Travel Mart 2014
Bengawan Solo Travel Mart ini merupakan ajang promosi wisata kota Solo. Acara ini akan di selenggarakan pada tanggal 26-27 April 2014 di beberapa hotel di Solo. Acara ini bertujuan untuk menarik sebanyak mungkin penjual dan pembeli untuk memberikan kesempatan meningkatkan bisnis mereka.

4. Mangkunegaran Performing Art 2014
Pada tanggal 9 - 10 Mei 2014 nanti akan di selenggaran "Mangkunegaran Performing Art 2014" di Pura Mangkunegaran. Kegiatan ini akan mempersembahkan berbagai macam kesenian tari dan jenis seni lainnya dari Trah Mangkunegaran.

5. Solo Batik Carnival 2014
Kegiatan rutin kota Solo yang di mulai sejak tahun 2008 ini, akan di selenggaran kembali pada tanggal 28 Juni 2014 nanti. Kegiatan ini akan berlangsung di Jalan Slamet Riyadi. Meskipun acara ini diadakan setiap tahun, namun tema dari acara ini selalu berbeda-beda. Namun, Batik tetap menjadi fokus utama dari event ini.

6. Solo Batik Fashion 2014
Event fashion ini akan di selenggarakan di Balaikota Surakarta, pada tanggal 11-13 Juli 2014. Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Solo bekerja sama dengan para designer , industri batik, maupun UKM untuk mempresentasikan kekreatifan karya-karya mereka.

7. Pentas Wayang Orang Galungan 2014
Pagelaran pentas yang menggabungkan seniman dan seniwati dari berbagai kelompok wayang yang masih lestari. Pagelaran ini akan di selenggaran pada 17- 20 Juli 2014 di Taman Sriwedari Solo.

8. Solo Keroncong Festival 2014
Keroncong tidak hanya dinikmati oleh kalangan tua saja, dengan diadakannya Solo Keroncong Festival ini, kaum muda juga dapat menikmati musik ini. Acara ini akan di selenggarakan di Ngarsopuro pada tanggal 12-13 September 2014.

9. Solo City Jazz 2014
Hanya selang satu minggu dari Solo Keroncong Festival, di Ngarsopuro ini juga akan diselenggarakan acara Solo City Jazz tepat pada tanggal 19-20 September 2014. Konsep dasar yang ditawarkan acara ini adalah musik jazz. Musik jazz sangat cocok untuk menggambarkan ke-eksotisan budaya kota Solo tercinta ini.

10. Solo International Performing Arts 2014 (SIPA)
Sudah tidak diragukan lagi, acara ini mampu menarik perhatian banyak orang. SIPA merupakan salah satu acara internasional yang diselenggaran di kota Solo pada setiap tahunnya. Maha karya seni ini mampu menarik seniman dari berbagai negara. Pada tahun ini SIPA akan diselenggaran pada tanggal 26 -28 September 2014 di Ngarsopuro Solo.

11. Pekan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2014
Diberbagai pusat keramaian di kota Solo, pada tanggal 2 - 5 Oktober 2014 akan diselenggarakan Pekan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Acara ini diadakan bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, produk dan jasa pariwisata, sebagai wahana apresiasi terhadap produk - produk daerah di Kota Solo.

12. Solo Culinary Festival 2014
Bagi para pecinta kuliner khas Solo silakan menghadiri acara ini yang akan diselenggaran di GALABO pada 12-14 Oktober 2014. Festival ini akan menyajikan berbagai macam makanan tradisional yang bercita rasa khas kota Solo.

13. Kirab Malam 1 Suro 2014
Acara ini diselenggarakan oleh Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran pada malam hari menjelang 1 suro. Acara ini bertujuan untuk merayakan tahun baru jawa 1 suro. Pada tahun ini, acara ini akan di selenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2014.

14. Bengawan Solo Gethek Festival 2014
10 November 2014, di Sungai Bengawan Solo akan diadakan "Bengawan Solo Gethek Festival". Acara ini merupakan festival naik gethek yang dihiasi beraneka tampilan seni menyusuri sungai Bengawan Solo.

Demikian beberapa event yang akan diselenggarakan di kota Solo pada tahun 2014 ini. Bagi traveller yang ingi berkunjung di kota Solo, silakan menyesuaikan waktu dengan acar-acara yang ingin kalian saksikan nanti.

SELAMAT BERKUNJUNG DI KOTA SOLO.......


~veniivenn~





Pertunjukan kesenian yang menampilkan berbagai jenis tari dan seni lainnya karya Trah Mangkunegaran. - See more at: http://www.eventsolo.com/Events/Mangkunegaran-Performing-Art-2013.html#sthash.Ryn0SZW5.dpuf


Pertunjukan kesenian yang menampilkan berbagai jenis tari dan seni lainnya karya Trah Mangkunegaran. - See more at: http://www.eventsolo.com/Events/Mangkunegaran-Performing-Art-2013.html#sthash.Ryn0SZW5.dpuf

1 komentar:

  1. bagaimana dari aceh untuk studi dikiranya di undang untuk penampilan or untuk festivalm,,
    jika memng di berika kesempatan mohon di email ARUL_BLACK49@yahoo.com

    BalasHapus