Sabtu, 30 November 2013

Wisata Pura Mangkunegaran

Ini adalah pertama kali aku memasuki kawasan Pura Mangkunegaran. Demi memenuhi absen di salah satu Mata kuliah di jurusanku, yaappss.. Mata Kuliah Pariwisata. Kita, satu kelas, diwajibkan untuk berkunjung ke Pura Mangkunegaran untuk mengetahui lebih lanjut tentang salah satu keraton yang ada di Solo ini.

Disini, aku ingin menceritakan sedikit tentang bangunan yang ada di Keraton Mangkunegaran.

Pura Mangkunegaran merupakan salah satu Keraton yang ada di Kota Solo. Keraton Mangkunegaran ini berlokasi di Jalan Ronggowarsito. Selain dijadikan tempat wisata, tempat ini juga sering diadakan berbagai macam pagelaran. Banyak wisatawan domestik maupun asing yang sering berkunjung ke Keraton ini.

Secara arsitektur bangunan ini memiliki ciri yang sama dengan keraton, yaitu pada pamedan, pendopo, pringgitan, dalem, dan kaputran, yang seluruhnya dikelilingi oleh tembok yang kokoh.

Pertama kali masuk ke keraton ini, kami di sambut hangat oleh para tour guide yang ada di dalam keraton. Salah satu tour guide memandu kami untuk berkeliling Keraton, mencari tahu apa saja yang ada di dalam Pura Mangkunega ini. Setelah pintu gerbang utama akan tampak pamedan, yaitu lapangan perlatihan prajurit pasukan Mangkunegaran. Pintu gerbang kedua menuju halaman dalam tempat berdirinya Pendopo Agung. Pendopo ini dianggap sebagai pendopo paling besar di Indonesia. Tiang-tiang kayu berbentuk persegi yang menyangga atap joglo diambil dari pepohonan yang tumbuh di hutan Mangkunegaran di perbukitan Wonogiri Seluruh bangunan ini didirikan tanpa menggunakan paku. Di pendopo ini terdapat empat set gamelan, satu digunakan secara rutin dan tiga lainnya digunakan hanya pada upacara khusus.

Tepat di belakang pendopo terdapat sebuah beranda terbuka, yang bernama Pringgitan, yang mempunyai tangga menuju Dalem Ageng, yang secara tradisional merupakan ruang tidur pengantin kerajaan, namun sekarang berfungsi sebagai museum. Di dalam museum ini menyimpan berbagai macam perhiasan, senjata, pakaian, medali, perlengkapan wayang, uang logam, gambar raja Mangkunegaran, serta bendabenda seni lainnya.

Di bagian tengah Pura Mangkunegaran di belakang Dalem Ageng, terdapat tempat kediaman keluarga Mangkunegaran. Tempat ini, masih memiliki suasana tenang, sekarang digunakan oleh para keluarga keturunan raja.

Menghadap ke taman terbuka, adalah Beranda Dalem, yang bersudut delapan, dimana terdapat tempat lilin dan perabotan Eropa yang indah. Kaca-kaca berbingkai emas terpasang berjejer di dinding. Dari beranda menuju ke dalam tampak ruang makan dengan jendela kaca berwarna gambar yang berisi pemandangan di Jawa, ruang ganti dan rias para putri raja, serta kamar mandi yang indah.

Demikianlah sedikit informasi tentang Keraton Mankunegaran, yang aku dapatkan waktu kunjungan perkuliahan. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin berkunjung di Solo yahh...

SELAMAT BERKUNJUNG KE KOTA SOLO TERCINTA ......



  


 


~veniivenn~

1 komentar:

  1. bagus dah,, mengundang teman2 sekalian gabung di http://ilmumedia.blogspot.com/ thanks ya.. Good Luck, semoga menang,,

    BalasHapus